yoyoi

yoyoi
Selamat datang di Blog TRIDEC | Welcome to Blog TRIDEC Teknologi Informasi Riders - Community - jangan lupa Tinggalkan Komentar anda :)c

Pasang Kondensor di New Vixion Cegah Mogok saat aki soak



Posisi kondensor atau kapasitor bank pada V-ixion lawas 
Ada sedikit perbedaan pada sektor kelistrikan antara Yamaha New V-ixion Lightning (NVL) dengan Yamaha V-ixion lawas.  Paling kentara ada salah satu part, yaitu kondensor yang tidak lagi ditemukan pada V-ixion Lightning. Part berkode 3C1-H1965-00 berfungsi macam kapasitor bank yang dapat meyimpan cadangan arus meskipun aki drop.
Tapi tenang, EM-Plus coba bikin riset yang bikin NVL bebas mogok ketika akinya soak. Cara yang dipakai cukup sederhana, cukup pasang perangkat kondensor milik V-ixion lawas ke NVL.
Nah, untuk melakukan percobaan ini EM-Plus sudah menyiapkan beberapa perangkat seperti aki kering yang sudah soak tipe GTZ7S, kondensor copotan dari V-ixion lawas lansiran 2009 dan dua helai potongan kabel. Ujicoba pakai NVL dengan varian yang tak dilengkapi kick starter.

Posisi kondensor sudah terhubung dengan aki yang soak  
Tahap awal, aki NVL dilepas dari rumahnya lantas dipasang aki yang sudah soak. Oh ya, saat dicoba pakai multitester, aki tegangannya 11,5 volt. Tetapi, begitu kunci kontak diputar dan mendapatkan tegangan, aki lansung drop. Tegangan hanya 2-3 volt,  indikator lampu di spidometer enggak ada yang aktif.
Kemudian coba hidupkan mesin motor, lantaran tidak ada engkol satu-satunya cara mengaktifkan mesin dengan cara didorong. Alhasil, beberapa kali dicoba dorong pakai posisi persneling 2 dan 3, tak ada tanda-tanda mesin mau hidup.

Pasang kabel pada soket kondensor  
Percobaan berikutnya EM-Plus pasang perangkat kondensor milik V-ixion lawas. Oh ya, untuk pasang kondensor ini perhatikan soketnya, jangan sampai tertukar. Untuk soket yang nempel di kabel hitam dipasang pada negatif aki sedangkan kabel oranye pada kepala aki positif.
Nah, saat saat kunci kontak diputar pada posisi ON, mulai ada tanda-tanda lampu indikator berkedip-kedip, tetapi kemudian hilang. Begitu motor di dorong, mulai ada tanda-tanda indikator lampu di areal speedometer berkedip. Artinya, arus mulai mengalir tapi masih belum stabil. Penasaran, akhirnya coba didorong lagi. Perlahan mulai terdengar suara mesin mau hidup dan akhirnya motor bisa dipakai jalan.

Kondensor XCS produk aftermarket bisa jadi pilihan  
Saat pertama kali motor bisa melaju, suara mesinnya enggak mau langsam. Makanya, grip gas harus dipancing pada putaran tinggi. Setelah sekitar dua menit mesin dibiarkan menyala, akhirnya putaran mesinnya masih bisa langsam dan grip gas bisa dilepas.
Kesimpulannya, kondensor ini bisa diandalkan ketika fungsi aki sudah tidak maksimal bekerja. Tapi, ini hanya untuk sementara. Untuk hindari mogok selanjutnya, pemilik motor disarankan mengganti dengan aki baru. Harga kondesor V-ixion lawas dibanderol Rp 130 ribuan. Mau pakai produk aftermarket juga bisa pasang XCS Hurricane yang dijual Rp 250 ribuan. Cara pasangnya, sama. (www.motorplus-online.com)

0 comments:

Post a Comment