Ada sedikit perbedaan
pada sektor kelistrikan antara Yamaha New V-ixion Lightning (NVL) dengan
Yamaha V-ixion lawas. Paling kentara ada salah satu part, yaitu
kondensor yang tidak lagi ditemukan pada V-ixion Lightning. Part berkode
3C1-H1965-00 berfungsi macam kapasitor bank yang dapat meyimpan
cadangan arus meskipun aki drop.
Tapi tenang, EM-Plus coba bikin riset yang
bikin NVL bebas mogok ketika akinya soak. Cara yang dipakai cukup
sederhana, cukup pasang perangkat kondensor milik V-ixion lawas ke NVL.
Nah, untuk melakukan percobaan ini EM-Plus
sudah menyiapkan beberapa perangkat seperti aki kering yang sudah soak
tipe GTZ7S, kondensor copotan dari V-ixion lawas lansiran 2009 dan dua
helai potongan kabel. Ujicoba pakai NVL dengan varian yang tak
dilengkapi kick starter.
Tahap awal, aki NVL dilepas dari rumahnya
lantas dipasang aki yang sudah soak. Oh ya, saat dicoba pakai
multitester, aki tegangannya 11,5 volt. Tetapi, begitu kunci kontak
diputar dan mendapatkan tegangan, aki lansung drop. Tegangan hanya 2-3
volt, indikator lampu di spidometer enggak ada yang aktif.
Kemudian coba hidupkan mesin motor,
lantaran tidak ada engkol satu-satunya cara mengaktifkan mesin dengan
cara didorong. Alhasil, beberapa kali dicoba dorong pakai posisi
persneling 2 dan 3, tak ada tanda-tanda mesin mau hidup.
Percobaan berikutnya EM-Plus pasang
perangkat kondensor milik V-ixion lawas. Oh ya, untuk pasang kondensor
ini perhatikan soketnya, jangan sampai tertukar. Untuk soket yang nempel
di kabel hitam dipasang pada negatif aki sedangkan kabel oranye pada
kepala aki positif.
Nah, saat saat kunci kontak diputar pada
posisi ON, mulai ada tanda-tanda lampu indikator berkedip-kedip, tetapi
kemudian hilang. Begitu motor di dorong, mulai ada tanda-tanda indikator
lampu di areal speedometer berkedip. Artinya, arus mulai mengalir tapi
masih belum stabil. Penasaran, akhirnya coba didorong lagi. Perlahan
mulai terdengar suara mesin mau hidup dan akhirnya motor bisa dipakai
jalan.
Saat pertama kali motor bisa melaju, suara
mesinnya enggak mau langsam. Makanya, grip gas harus dipancing pada
putaran tinggi. Setelah sekitar dua menit mesin dibiarkan menyala,
akhirnya putaran mesinnya masih bisa langsam dan grip gas bisa dilepas.
Kesimpulannya, kondensor ini bisa
diandalkan ketika fungsi aki sudah tidak maksimal bekerja. Tapi, ini
hanya untuk sementara. Untuk hindari mogok selanjutnya, pemilik motor
disarankan mengganti dengan aki baru. Harga kondesor V-ixion lawas
dibanderol Rp 130 ribuan. Mau pakai produk aftermarket juga bisa pasang
XCS Hurricane yang dijual Rp 250 ribuan. Cara pasangnya, sama. (www.motorplus-online.com)
0 comments:
Post a Comment