Back to topic, salah satu cara ngencengin motor adalah dengan mengupgrade pengapian. Ya diantaranya dengan ganti CDI, ganti koil, ganti busi perak, dll. Ya, kalo cuman ganti sih gampang, masalahnya kan gak semua bikers duitnya juga kenceng.
Tenang, buat yang berduit lumayan cekak atau lagi pengen berhemat juga bisa berkreasi ala mc.gyver. Bagi yang udah tahu, mohon permisi ya, kalo ane bagi-bagi ilmu ini. Metode ini dijamin murah namun hasilnya joss, udah ane buktiin sendiri di cs1 kilatperak ane makin wusss.
Ground Strap
Nah, yang bakalan kita bikin kali ini namanya adalah ground strap. Kalo ente belom tau, ground strap adalah grounding yang dilakukan pada kabel busi yang berfungsi sebagai booster sekaligus stabilizer pengapian. Lha kok bisa nge-booster. Yap, teknologi ground strap akan menghilangkan kapasitansi kabel busi dan menyerap frekuensi liar yang tercipta di sekeliling kabel busi. Kapasitansi dan frekuensi ini bervariasi tergantung kabel busi yang dipakai, biasanya kabel busi yang "super" (tebal/racing, cth: protec racing wire) akan menghasilkan arus yang lebih rendah, sehingga dengan demikian pengaruh ground strap akan lebih terasa pada kabel busi standar. Adapun efek yang dihasilkan mirip dengan stabilizer cth: 9Power. Untuk hasilnya bagusan mana, ente rasain sendiri aja ye, resep ini atau 9Power dsb, soalnya nanti ane bisa-bisa dilemparin bata sama produsen 9Power ntar. :D
Adapun koil yang sudah menerapkan teknologi ini adalah koil Nology dan Protec Ultimate yang termasuk koil mahal premium. Ente bisa mengamati sendiri perubahan pada api yang dihasilkan pada saat ground strap diaplikasikan, api akan langsung berwarna biru dan fokus. Ente dapat pula mengamati perubahannya di mesin dyno, wkwkwkwk.
Oke , pertama yang harus ente lakukan adalah membeli kabel kawat yang di toko elektronik dijual Rp 3000,- per meter, bentuknya kayak gini :
![]() |
namanya kabel kawat |
![]() | |||
dililit disepanjang kabel busi, lebih rapat + banyak lilitan makin joss |
![]() |
ujung lilitan jgn lupa dihubungkan ke massa |
MAri berkomentar, bro. :D
Buat yg kelistrikan motornya DC berasa lebih maknyus nih. Gas poooollll...
ReplyDeleteujung kawatnya di tempel ke ground body, lalu ujung satunya lagi ditempel kemana bro...? nah klo utk pulsar ke 2 kabel busi nya dililit spt itu atau cuma satu busi aja bro...??
ReplyDelete22 nya di lilit broo yg 1 nya lagi ikut dililit
ReplyDeleteKawat harus dikupas semua atau ujungnya semua
ReplyDeleteApa body motor nyetrum klo di sambung begitu?
kawatnya dikupas bro....nah kan ada 2 ujung... ujung yang satu dililit dari cangklong busi sampai batas akhir kabel koil... nah yang ujung satunya di baut saja ke rangka motor...
ReplyDeletekan ada 2 ujung tu gan?
ReplyDelete.
satu ke masa
la yg satu kmana?
bang cara bikin leheran karbu pwl 28 buat motor shogun gmna ya ?
ReplyDeleteyg 1 lagi lilit diluar cangklong busi/di satuin sama kawat busi bos yg ke cangklong.
ReplyDeletebagi info nya bos.
Ground itu apq ya bro
ReplyDeletepake busi standart apa gak cepat mati mas bro?
ReplyDeleteklo karburatornya di borosin apa, apa di iritin?